Berbagi Pengalaman Seleksi Mahasiswa Baru Politeknik Manufaktur Astra

Haihaiii! :)
Hajimemashite!!! :D

Sebenernya ini tulisan pertama aku di blog. Oiya, kalo kata pepatah "tak kenal maka tak sayang". Kenalin, nama aku Farah :v
Di coretan pertama ini, aku pengen berbagi pengalaman saat aku ikut seleksi mahasiswa baru Politeknik Manufaktur Astra, karena memang minimnya info tentang Politeknik Manufaktur Astra dan aku pengen melengkapi info yang sebelum - sebelumnya dan menambahkan beberapa yang terbaru. Sebelumnya, aku pengen ngenalin nih Politeknik yang sekarang sudah menjadi kampus tersayang aku <3

Politeknik Manufaktur Astra merupakan salah satu politeknik dibawah naungan Astra International. Terletak di Kompleks Astra International, Gedung B, Jl. Gaya Motor Raya No.8, Sunter II, Jakarta Utara. Memiliki beberapa program studi, yaitu :
- Teknologi Pembuatan Perkakas Presisi
- Teknologi Manufaktur *
- Sistem Informasi
- Mekatronika
- Pemeliharaan Mesin Otomotif *
- Teknologi Konstruksi dan Bangunan Gedung
*) : Industri Manufaktur Umum dan Industri Manufaktur Kelapa Sawit
**) : Kendaraan Umum/Kendaraan Ringan dan Alat Berat (Heavy Equipment)
info lebih lengkap bisa dilihat melalui situs resmi : http://pmb.polman.astra.ac.id/

Yupss saatnya cerita!
Di Politeknik Manufaktur Astra, terdapat 6 program studi dan 8 konsentrasi. Fyi, program studi sama konsentrasi itu beda loh. Kalo digambarin gini :
Prodi :
1. Pembuatan Peralatan dan Perkakas Produksi (P4) memiliki satu konsentrasi Pembuatan Peralatan dan Perkakas Produksi (P4). Jadi itu, prodi ini hanya memiliki satu konsentrasi yaitu ya namanya prodi itu sndiri :) (Sekarang jadi prodi Teknologi Pembuatan Perkakas Presisi)
2. Teknik Proses Produksi dan Manufaktur (TPM) memiliki dua konsentrasi, Teknik Proses Produksi dan Manufaktur (TPM), Teknik Pengolahan Hasil Perkebunan (TPHP).
3. Manajemen Informatika (MI) memiliki satu konsentrasi sama seperti P4 (Sekarang Sistem informasi)
4. Mesin Otomotif (MO) memiliki dua konsentrasi, Teknik Otomotif (TO) dan Teknik Alat Berat (TAB) (Sekarang jadi pemeliharaan mesin otomotif)
5. Mekatronika 
6. Teknologi Konstruksi dan Bangunan Gedung

Dulu aku tau tentang polman astra ini dari anaknya temennya papa yang sekarang sudah menjadi alumni dari konsentrasi TPM dan sudah bekerja di Astra Honda Motor. Pas aku kelas dua SMA, papa udah nyaranin ke aku buat masuk ke Polman Astra karena melihat anak temannya, lulusan Polman Astra yang sekarang sukses di anak perusahaan astra. Orang tua siapa yang gak kepengen sih kalo anaknya kuliah terus sukses langsung masuk kerja. Oiya, Fyi, Polman Astra tidak mengadakan ikatan dinas, tetapi 60% lulusan Polman Astra langsung diserap oleh beberapa anak perusahaan Astra, seperti Astra Graphia, United Tractors, Auto 2000, dan masih banyak lagi. Worth it banget buat para pencari beasiswa :v

Padahal, pertamanya cita citaku pas kelas dua sma itu jadi Air Traffic Controller, tau kan? yang kerjanya mengatur lalu lintas pesawat di tower bandara dan berkomunikasi sama pilot - pilot bersuara berat eksotis :v kan keren gitu, ngomongnya pake bahasa inggris, mana fasih banget, juga seragamnya putih hitam yang nge-press body bikin penampilan keliatan gagah banget gitu :( TAPI! sayangnya orang tua tak menurunkan ridhonya :( akhirnya cita - cita macam ni pun pupus, hwaaaaa sedih... :( tapi gapapalah, saran orang tua itu yang terbaik buat anaknya :)

Tiba saat pembukaan pmb polman astra jalur beasiswa, kira - kira bulan desember, aku ngisi formulir via online di website pmb polman astra, sampe aku bela - belain buat tes golongan darah, karena pas itu aku emang belom tau golongan darahku apa, tapi di formulir ada yang mencantumkan golongan darah. Kalo mau nanya goldarku apa, goldarku itu O+, sekeluarga beda semua, papa B, mama A, adekku AB :v terus beberapa hari kemudian, muncul pengumungan seleksi administrasi di website tersebut. yahh, masih belom deg-degan banget lah. Aku sm temenku masih lolos seleksi Administrasi, alhamdulillah. Aku ambil jurusan Manajemen Informatika, temenku ambil Mekatronika. Jadwal tes tertulis itu kira - kira sekitar akhir januari.

Saat tes tertulis, lokasi tes tertulis kami (aku dan temenku) sama, yaitu di SMK negeri 4 Semarang, karena memang kami berdua asalnya dari SMA Negeri 4 Semarang, ya jadinya tesnya masih di semarang, ga jauh - jauh amat wkwkwkwwkwkwk :D
Oiya, penting banget nih! Tips - tips saat tes tertulis! dan aku wanti - wanti banget!

1. Istirahat teratur
2. Makan dan minum teratur
3. Belajar dari jauh jauh hari
4. Siapkan mental dan strategi menjawab soal

kalo dulu strategi aku tuh jawab soal yang mudah dulu, baru yang susah, kalo nemu yang susah yaudah, tinggalin aja dulu, cari yang lebih gampang, daripada mecahin soal susah ga kelar - kelar, eh ntar yg gampang ga sempet ke jawab, kan rugi. Khusus untuk jurusan manajemen informatika atau yang sekarang menjadi Sistem Informasi, soalnya berbeda. Kalo jurusan lain itu yang diujikan ada Matematika, Fisika, Bahasa Inggris, dan soal - soal psikotes, kalo jurusan MI/SI yang fisika diganti menjadi tes PAT semacam tes matematika logika gitu, dan hati hati loh! khusus tes PAT, pemberian skor sama seperti SBMPTN, benar = 4, salah = -1, kosong = 0, jadi mantapkan strategi! tapi menurut aku gampang ko soal ini :) rajin rajin latihan aja. Terus untuk yang fisika, katanya temen aku yang mau masuk mekatronika sih, soalnya kayak soal fisika smp. Tapi ga tau yaa tahun ini kayak gmn, wkwkwkwk

Overall menurut aku sih, soalnya gampang, matematika, fisika, bahasa inggrisnya lumayan, seperti materi di SMA, tapi menurutku ini bahasa inggrisnya bahasa inggris teknik, jdi banyak istilah asing untuk mesin - mesin gitu lah. Tapi mudah ko :) 
Tes psikotesnya juga gampang, jaman aku dulu itu kan satu soal ada lima gambar, nah salah satu dari gambar itu ada yang cacat dan tipis banget bedanya, mata kita harus jeliiiiiiiii bangett buat bedain barang cacat itu. Terus ada menyusun kerangka benda tiga dimensi. itu tertulis. eiitsss! walaupun mudah, tapi waktunya sangat cepat loh! jadi nanti tu kalian bakal dituntut kerja cepat dan pikir cepat. saran aku sih, sering - sering latihan soal aja.
kalo kata papa aku sih, kalo udah nyelesaiin 50% dri soal berarti 80% kemungkinan lolos :) katanya sih psikotesnya mirip mirip psikotes UI.

Kisi-kisi soal test tertulisnya ada di link ini yaa, dengan catatan ini berdasarkan pengalamanku di tahun 2017.

Beberapa minggu kemudian sekitar pertengahan februari kalo ga salah, lupa, udah lama soalnya :v tiba - tiba abis aku nonton liga antar kelas di sma, ada pengumuman terbaru tentang tes tertulis ini, dan ALHAMDULILLAH! aku lolos tes tertulis!! rasanya tu pengen ketawa eh tiba - tiba malah teriak terus nangis bombay gitcuuu, ah alay :( temenku juga lolos, kami berdua dari SMA Negeri 4 semarang lolos semua dan siap melanjutkan tes wawancara di AHM Gajahmada semarang

Sekitar akhir bulan februari, hari selasa, aku udah memantapkan fisik, batin dan mental untuk seleksi wawancara, bahkan aku juga udah latihan wawancara sama papa malem sebelumnya. Kebetulan jadwal wawancaraku sama temenku berbeda, temenku hari senin, aku yang hari selasanya. Pagi itu aku berangkat jam 7 dari rumah setelah mengurus surat izin ke sekolah dan segala macemnya. Udah rapi tuh, pake baju item putih macam orang pelamar kerja. Sampe disana itu sekitar stgh 8. Udah banyak yang dateng, tapi kebanyakan cowo. Gua, eh aku (logat jakartanya kebawa ni :v) sempet mikir ntar kalo kuliah berarti temen - temennya banyak yang cowo dong, ah seru! :v Ya sih, soalnya kan aku mantan tomboy wkwk. Jam 9 wawancara udah dimulai, daftar absen juga udah diberikan. Urutan wawancara itu sesuai dengan jam kedatangan, pas itu aku tu dpt urutan antara 9 kalo gak 10, lupa dan itu tu aku baru masuk jam 2 siang -_-

Pas nunggu sih pertamanya sepi, diem - diem gitu, kadang sesekali ada bisikan - bisikan dari makhluk astral bocah - bocah yang satu sma. Terus aku dapet kenalan cowo tuh disitu :v dari SMKN Negeri 1 Ampelgading kalo ga salah, lupa namanya :v
Pas udah mau masuk ni, kan masuknya berdua berdua, pas masuk udah keringet dingin, nervous bangett!!!! Oiya! aku nyeritainnya sambil berbagi tips ya.
Sebelum itu, pastiin kondisi fisik kalian sehat walafiat, dan ini pengalamanku banget, pas wawancara itu aku inget, aku lagi sakit tipes pas hari seninnya, habis ngurus surat ini itu di sma buat wawancara hari selasa sampe izin keluar sma, dibawa ke rumah sakit -_- dan selasanya baru wawancara aja jam 2 siang, selesai stgh 3, pulang sndirian naik busway, jalan ke halte, sampe rumah jam 5, dan itu capek banget, lagi sakit pula -_- hari kamisnya langsung drop, terus izin ga masuk sekolah, jangan ditiru yaa :v jangan lupa siapin mental juga.

1. Pas masuk ruangan, kalian harus salam, assalamualaikum atau selamat pagi yang lebih universal.
2. Terus pas ketemu sama interviewernya, pasang senyum yang manis dong, terus ucapin selamat pagi/siang/sore dan jangan lupa! jabat tangannya.
3. Ini paling penting! jangan duduk sebelum dipersilakan duduk! kalo blm dipersilakan duduk ya kalian harusnya bisa nanya "pak/bu, maaf boleh saya duduk?" okeh, ini lumayan penting ni, soalnya attitude kalian tercermin disini. Polman Astra itu didikan Attitudenya kuat soalnya.
4. Terus ni ya, jangan kebanyakan a.. e.. a.. e.. pas wawancara, tatap mata interviewernya, ngomongnya juga harus lancar, jangan noleh kesana sini. jangan lupa senyum juga walaupun tubuh sebenernya udah capek kek apapun.
5. Terus kalian tu bakal disuruh perkenalan, nama, hobi, latar belakang kalian, daily rutin kalian dari pagi sampe ke paginya lagi, ada kesusahan dalam belajar ga, kalian suka pelajaran apa dan pas ini tu kalian bakal diuji suruh jawab beberapa soal mengenai pelajaran yang kalian suka, terus seputar yang ada di formulir data diri (kan dikasih formulir dlm bentuk softfile, kalian nanti disuruh ngeprint dan ngisi, dijadiin satu map yang rapih, harus!), terus ditanyain kenapa kalian milih jurusan yang kalian pilih di polman, ditanyain tujuan hidup kalian apa, target jangka pendek apa, jangka panjang apa, cita cita kalian apa, keahlian kalian apa, tau polman dari mana, kalian juga harus tau tentang jurusan yang kalian pilih, pokoknya jangan sampe labil dah. Dan bisa jadi, jawaban kalian bisa memicu pertanyaan baru, jadi kalo jawab yaa apa adanya dari kalian aja.
6. Kalo udah selesai nanti kalian bakal ditanyain sm interviewernya, kalian mau nanya sesuatu tentang polman atau engga. Saran aku, tanya sebanyak - banyaknya, selain kalian jadi banyak tau, kalian tu dinilai sangat antusias buat masuk polman sm interviewernya.
7. Terakhir kalo udah selesai, jangan lupa terima kasih dan jabat tangan, terus jangan lupa salam juga dan senyum.

Pas itu aku masuk wawancara jam 2, selesai sekitar setengah 3, sebentar banget, cuma setengah jam. Kalian pas wawancara juga bakalan dapet motivasi dari interviewernya, gak kaku kaku amat kok, kayak cerita biasa wkwwkwkwkwk *tawa evil* :v sempet minder sih, sempet mikir yang engga engga, kenapa kok cuma aku yang interviewnya sebentar, jangan - jangan interviewernya ga tertarik sama aku, jangan - jangan nanti ga lolos, jangan - jangan ini..., jangan - jangan itu..., ah udah negthink banget, terus aku berusaha ngilangin itu, tetep beroptimis. Selesai wawancara, aku langsung pamit pulang sama temen temen baruku, soalnya emang badan udah drop banget, harus secepatnya pulang.

Beberapa miggu kemudian kira kira pas abis ujian sekolah, pengumuman baru muncul di website pmb polman astra, pertamanya aku dikasih tau temenku, tapi buka webnya nanti nantian soalnya pas itu kebetulan lagi nonton ama cowo temen aku (akhirnya kaga jomblo :v) pas sampe rumah aku buka. Yah yah yah... sedih iya, ga sedih iya, stgh stgh gitu. Aku lolos, cuma lolos sebagai calon penerima cadangan beasiswa MI ke-6. Sempet mikir, ah paling juga ga keterima. Ortu aku aja sampe ga percaya kalo lolosnya cuma di cadangan, tapi ya apa boleh buat, takdir berkata lain. Sedih sih, tapi audah ikhlasin aja, mungkin rezekinya bukan di polman. Sekarang aku mikir buat siap siap tes perguruan tinggi lainnya. Masih ada PTN undip, ugm, unnes, PTK penerbangan, STMKG, D3 PLN yang masih aku incer. Tapi sih kalo aku tanya ke berbagai sumber, kalo cadangan masih ada peluang untuk diterima. Makanya itu, ortu aku terutama mamah, bener - bener berdoa supaya aku dapet panggilan dari pihak polman. Karena cadangan itu untuk menggantikan yang penerima beasiswa penuh yang tidak mengambil di polman, cara pemanggilannya pun urut nomer, nah sedangkan aku ada di cadangan ke-6, aku mikir, ini jauh banget, paling pol yang terpanggil cuma cadangan ke 1 atau 2, pasti ga bakal lolos, mikirnya aku udah gitu, yaudahlah mau ngapain lagi...

Yaa, aku terus ga 'noleh noleh ke belakang lagi', di depan mata masih ada banyak tes lagi, aku harus belajar dan terus belajar, kuncinya itu pantang menyerah. Terus seiring berjalannya waktu sampe habis UN, waktu liburku juga aku gunakan buat belajar masuk PTN PTK, siang malem aku belajar, matpel IPA terutama math, fisika, bio, english, udah itu itu aja, siang math fisika, malem bio bing, besoknya balik kayak gitu lagi, seterusnya. Sampe pada saat itu aku tes STMKG, jauh jauh aku ke jogja naik bis berdua ama temenku dan lagi lagi ga lolos di tahap 2, terus aku bangkit lagi, aku ga nyerah, pokoknya aku harus kuliah. Terus ada SBMPTN, alhamdulillah aku lolos di pilihan ketiga, Pendidikan Biologi Unnes. Terus ada tes D3 Polines, alhamdulillah aku lolos di D4 Administrasi Bisnis Terapan.

Tapi! Allah berkata lain! Pas itu aku sm keluargaku udah sepakat buat aku nerusin di Pendidikan Biologu unnes, dan saat itu pas aku mau ngurus daftar ulang online, pas itu aku juga lagi sibuk ngurusin bukber angkatan SMPku, tiba - tiba papah dapet panggilan dari pihak polman. Awalnya papah ngiranya, aku ditawarin masuk polman, tapi bayar, jelas aku merasa papah bakalan kurang mampu buat biayain aku di Jakarta. Tapi, ternyata! Pihak polman berkata bahwa aku mendapat panggilan untuk berkuliah di polman astra sebagai penerima beasiswa penuh dan aku dimohon untuk melengkapi berkas daftar ulang! DEMI ALLAH yang mengatur takdir dan seisi alam ini! Aku langsung cengo' dan senyum ga jelas, 'Fa-biayyi alaa'i Rabbi kuma tukadzdzi ban' maka nikmat Tuhanmu manakah yang kau dustakan? Alhamdulillah ya Allah, penantian dan doa panjang selama dua bulan pun membuahkan hasil yang manis. Dihari ulang tahun papah yang ke 50, aku telah memberikan hadiah yang bagi beliau itu sangat sangat berharga.

Hari selanjutnya, aku langsung tes kesehatan di RS di semarang, pas itu lagi puasa, tapi aku ga puasa wkwkwkwkwk, halangan bulanan. Bersyukur juga sih, pas tes urinenya hasilnya bagus, wkwkwkwkwwkwkwk :v ambigay jadinya. Terus, gimana dengan temen aku? Temen aku lolos juga sebagai cadangan ke - 7 di MK/Mekatronika. Tapi sayangnya dia ga ambil karena dia bener bener ga mampu secara finansial buat hidup di jakarta.

Setelah ngirim semua berkas dan segala tetek bengeknya. Tanggal 3 Agustus 2017, kami sekeluarga pun berangkat ke jakarta untuk mengurus kepindahanku.

Intinya, buat kalian calon penerima beasiswa, terutama yang cadangan. Jangan pantang menyerah dalam usaha dan doa! Terus belajar buat kalian sendiri, masa depan kalian sendiri. Selalu minta restu orang tua sebelum menjalani serangkaian tahapan tes, terutama restu ibu. Doa ibu, dinilai paling mujarab. Sebelum brgkt, alangkah baiknya kita mencium tangan ibu, atau bahkan kalo kakak kelas aku dulu itu membasuhkan kaki ibundanya.
Jangan pantang menyerah, karena aku yang cadangan ke - 6 aja bisa lolos kok. Tetap optimis untuk nantinya jika kalian berada di kolom cadangan, jangan berkecil hati dulu, jangan menyerah dulu. Setiap usaha dan doa kita akan selalu terdengar oleh Allah SWT.

"One Small Positive Thought in The Morning Can Change Your Whole Day"

Sekian, Terima Kasih telah membaca ketikan tanganku yang gabut ini :(
Mungkin, jika ingin bertanya lebih, bisa di kolom komentar, atau bisa via Instagram : @fhzhafirah_ atau LINE : farhanzhaf

Dan jangan lupa follow instagram @polmanastra untuk lebih tau lebih banyak seluk beluk tentang polman astra.

Gomapseumnida ^^

North Jakarta,
December 16th, 2017



Updated!!!
Tes tertulis sebentar lagi teman!!
ayo kita cek lagi apa yang perlu dipersiapkan, untuk barang yang dipersiapkan pada saat aku tes dulu itu :
1. mengenakan seragam SMA/SMK asal masing - masing
2. mengenakan sepatu warna bebas (contoh : sepatu keds) tetapi bukan sepatu sandal
3. spidol snowman kecil warna hitam
4. bbrp alat tulis lainnya (bolpoint, tip ex)
5. kartu ujian (paling penting!)
6. papan ujian
7. doa

Teman - teman, jangan lupa jaga kesehatan kalian sebelum tes tertulis program beasiswa ini berlangsung, makan yang cukup, tidur yang cukup, persiapkan materi yang telah dipelajari dengan baik.
NB : Perlengkapan diatas itu perlengkapan sewaktu aku tes, untuk tahun ini kemungkinan sama, tapi sebagai pembaca yang baik, kalian juga harus lihat informasi resmi lewat website resmi PMB polman astra yaaa!! dan ikuti prosedur yang ditetapkan oleh panitia PMB polman astra. Satu lagi, kartu ujian jangan sampai rusak ataupun hilang sampai kalian benar - benar dinyatakan lulus atau tidaknya seleksi program beasiswa ini. Karena kemungkinan kartu ini juga untuk berkas daftar ulang di polman astra, kalo ga lupa si hahaa. Pokoknya kartunya disimpan aja, ga ada salahnya kalo disimpan kan? Buat jaga jaga aja. Be a smart netizen! :)

Kabar gembiraaaaaaaaa....
FYI, aku kedptan jatah untuk berpartisipasi di acara tes tertulis kalian nanti di kampus polman astra. Bagi yang kedapatan tes tertulis di polman astra, sesudah tes, kalian boleh nanya apa aja, sebanyak - banyaknya tentang polman secara langsung ke aku :)
Sampai jumpa di polman astra! Jangan lupa belajar! :)



UPDATED 23 JANUARI 2021.

AKU UDAH LULUS GAESS DI TAHUN 2020 DARI PROGRAM STUDI D-3 MANAJEMEN INFORMATIKA, ALHAMDULILLAH :)

BUT, AKU ENGGA NERUSIN KERJA DI ASTRA. KENAPA? YAA REJEKINYA EMANG BUKAN DISITU EHEHEHE :)

Btw, sebenernya Polman itu bukan perguruan tinggi swasta ikatan dinas yakk. Hanya saja, lulusannya itu 90% diserap oleh anak perusahaan di bawah naungan Astra Internasional. Jadi, istilahnya ketika kalian lulus nanti pada saat seleksi kerja di perusahaan Astra, kalian itu sudah punya poin plus, atau bisa dibilang kalian itu punya nilai unggul daripada saingan kalian nanti yg bukan lulusan Polman Astra. Dan untuk kalian yang mau lanjut di perusahaan bukan Astra, bisa aja kok. Kalian bisa nerus di BUMN atau jadi CPNS juga bisa.

Okk Sekian! Semangat sukses!



Komentar

  1. Ooooooo kak farah😭😭 menginspirasi banget!!❤ aku juga sama pengeeeennn bgt masuk situ tahun depan nanti

    BalasHapus
  2. Kak mau tanya dong kakak kan lolos.. materi apa yg kakak pelajari padahal kita tidak tahu soal apa yg akan kita kerjakan nanti pada saat tes.. soal matematika nya itu setingkat sbmptn atau beda kak.. mohon jawabannya kak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dulu karena aku pesimis buat masuk polman si ya ga bljr samsek, bljr pas paginya sblm tes. Saranku si bljr matematika dan fisika SMA, psikotes SBMPTN

      Hapus
  3. assalamualaikum kak, aku mau tanya kalo yang program beasiswa itu dapet fasilitisas asrama atau tempat tinggal gak?
    Terima Kasih kak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Selama ini program beasiswa tidak menyediakan fasilitas asrama. Tetapi ada wacana kalo polman astra itu membangun gedung baru di Cikarang, sedenger aku itu ada mes nya untuk seluruh mahasiswa, tapi ga tau realisasinya kapan, ga tau pembangunannya sampe kapan, ditunggu update an dari website resmi atau akun officialnya polman aja yaa :))

      Hapus
  4. sangat memotivasi kak, saya sekarang kelas 3 sma dan saya bingung mau masuk mana jujur , tapi dengan adanya cerita koran yg singkat tapi jelas ini membantu saya buat nentuin pilihan nnt terimakasih banyak kak sudah mau berbagi pengalamannya!! semoga nnt dibalas oleh allah swt . aamiiin


    doain juga kak saya pengen nyoba test :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. aamiin yaa, semoga kamu sukses jugaa yaa. Ayoo dong coba ikut test program beasiswa astra, gratis ko, ga bayar kek test2 perguruan tinggi lainnya, ga ada salahnya mencoba kan :)

      Hapus
  5. Kak kalo buat soal b.inggris nya gimana banyak soal cerita ky sbmptn sama ada present,past tense gitu ga?jujur saya kurang jago buat b.inggris

    BalasHapus
    Balasan
    1. Soal b ing nya itu naration/report text dan itu yang dibahas itu mslah teknik, kalo aku dulu dpt procedure text cara kerja kulkas, past present future pastinya ada

      Hapus
  6. Bisaa, ku dulu minus 1.25 - 1.5 bisa lolos yang penting ga buta warna total aja

    BalasHapus
  7. Kak untuk tes administrasi itu cuma kelengkapan formulir itu aja kah kak ? kalau ada salah satu yang kosong gimana kak ? kayak nomor telepon rumah kan saya gapunya kak, itu bagaimana kak ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyaa, kelengkapan formulir saja, dan requirement yang telah ditentukan di website pmb polman astra juga dilengkapi, kalo misal ga punya nmr tlp rumah gapapaa kan ada alternatifnya nmr hp. Pokoknya kalo kolom yang wajib diisi ya diisi, kalo ga wajib diisi ya terserah

      Hapus
  8. Kak itu nilai rapot kaya matematika setiap semesternya wajib nilai 8 ya ? Kaya di persyaratannya gitu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yaa jika dipersyaratannya di websitenya seperti itu yaa artinya iya, tapi ku ga tau si, dulu nilaiku math di salah semester ada yang 7 dan yaa lolos aja alhamdulillah

      Hapus
  9. Kk mau nanya dong, materi bab yang akan d ujikan d fisika, tuh apa aja ya kk, dan berapa menit yang diberikan pihak penyelenggara kk?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Di fisika yaa semua bab di fisika, cuma tingkat kesulitannya kalo kata temen saya yaa setingkat fisika smp, soalnya pas itu saya tes kan ga ada fisika, trs diganti PAT karena jurusan yang saya ambil sistem informasi. Untuk waktunya semua tes selama 3 jam, aturannya pertama kita disuru ngerjain satu mata pelajaran dan itu dikasih waktu sm panitia brp menit gitu, nanti diberhentiin sm panitianya kalo dirasa waktu untuk satu mata pelajaran itu udah abis, begitu juga untuk mata pelajaran lain, jdi 3 jam dibagi untuk 6 tes, kalo semisal, ini pengalaman saya ni, pas itu saya tes matematika tpi waktunya udah abis trs disuruh ganti tes b ing, saya cptin itu kerjain b ing trs kan waktunya sisa, sisa waktu itu saya gunain untuk slsaiin matpel matematika, gituuu

      Hapus
    2. Tenang aja.. Temenku dulu jurusan IPS dan tes fisika di Polman, lulus kok.

      Hapus
    3. Makasih banyak kk atas pemberimasukannya. Hehehe. Today is the day :)

      Hapus
  10. Tanya kak, yg 70 orang lolos itu seluruh indonesia apa wilayah rayon kakak?

    BalasHapus
  11. Materi fisika sama mtknya dibab apa aja kak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Fisika dan matematika semua bab, hanya saja tingkat kesulitan sm seperti soal smp-sma

      Hapus
  12. Ka mau nanya
    Ka kalo kartu pendaftaran udh bisa dicetak.artinya persyaratannya kita udah lengkap kan?
    Makasih

    BalasHapus
  13. Ka terimakasih atas tips dan inspirasinya. Sangat membantu dan memotivasi. Doain aku ya ka, semoga aku lolos jga tahun ini. Sukses terus Ka❤

    BalasHapus
  14. Kak untuk tes kesehatannya itu meliputi apa saja? Mohon balasannya😊

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sesuai dengan requirement dari polman. Biasanya visus mata, anggota gerak lengkap, thoraks, gigi, narkoba, rongent, BMI

      Hapus
  15. kak mau nanya aku juga ikut beasiswa ngmbil jurusan sytem informasi test nya seputar apa aja materinya ka aku pengen banget lolos;'

    BalasHapus
  16. berapa soal kak untuk keseluruhan?

    BalasHapus
  17. Mengisnpirasi bangett kakk, tapi apakah slip gaji orang tua mempengaruhi kak???

    BalasHapus
  18. Kak.kalau misal dalam tes kesehatan ada 2 kategori yang tidak memenuhi apa langsung dinyatakan tidak lolos ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bukan begitu, parameter itu yang menilai polman, aku kurang tau

      Hapus
  19. Kalo varises apa bermasalah ya pas seleksi kesehatan ka, terimakasih responnya

    BalasHapus
  20. Kak mau nanya ?. Mata pelajaran fisika aku kan hnya d semeter satu sedangkan semester selnjutnya smpai smester 5 ada perubahan kurikulum, itu gk ada mata pelajaran fisikanya gmna itu kak apa masih bisa masuk?.
    Mohon di jawab!!.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sabar yaa, saya juga punya kesibukan yang lebih dripada kamu. Untuk pertanyaan itu saya ga tau menau, karena ini kebijakan dari panitia pmb dri polman astra sndiri, sedangkan saya hanya mahasiswa, ingin info lebih lengkap mohon bertanya pada contact person pmb polman astra saja dan bukan org yang serba tau, maaf dengan sangat

      Hapus
  21. Oh iyah kak saking semngat kak saya ingin masuk polman, mohon maaf sebelumnya kak telah mngganggu kesibukannya ,terima kasih atas info nya.
    Klo berkas" yg harus dipersiapkan dari skrang utk masuk polman astra itu apa aja kak?.
    Mohon pjlasannya!.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Baca aja di webnya ya, budayakan baca dulu! :)

      Hapus
  22. Kak klo mau lihat pengumuman hasil tes itu d mna yh?. Ko d websitenya gk ada sih.

    BalasHapus
  23. Saya hari test tertulis. Doakan saya agar lolos kaa... kamu menginspirasi bgt thnks

    BalasHapus

  24. kak, izin mau tanya. kalo nyari contoh contoh soal atau materi buat tes tulis itu dimana ya? soalnya saya Googling gak ada. supaya punya gambaran aja nanti soal soalnya gimana. terima kasih kak mohon jawab ya🙏
    oh, iya kak kalo ada ig, nama ignya apa ya biar saya follow, soalnya artikel ini sangat menginspirasi 👍

    BalasHapus
    Balasan
    1. Baca aja materi sma sm psikotes bangun ruang

      Hapus
  25. Kak id line apa ya? Ko gabisa dicari? Mau nanya2 soal polman nih ka

    BalasHapus
  26. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aku juga gini,tapi mungkin disini bukan tempat bertanya seperti ini,kita hanya bisa nunggu konfirmasi dari panitia Polman,saya rasa ini tidak terjadi pada kita saja,jadi paniata akan mendahulukan memproses yang lebih dulu mengajukan perpindahan rayon lokasi tes

      Hapus
    2. Coba tanya lagi aja sm contact personnya, benar yang dikatakan hafiz, saya hanya mahasiswa di polman, bukan bagian dari panitia PMB polman astra. Masalah itu saya tidak tahu menahu. Jika memang belom dikonfirmasi coba tanya lagi saja ke email mereka. Mon maap baru bales. Mangattss yaww

      Hapus
  27. Kira kira tes nya susah ngak ya kak untuk tahun ini? Materi apa saja sih yang akan dipelajari?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Karena, soalnya itu beda dari tahun saya si, kemungkinan lebih susah. Materinya yaa yg seperti di artikel yang saya tulis ini

      Hapus
  28. Budayakan baca dan bertanya apabila artikel ini tidak menjawab pertanyaan kalian, be a smart netizen guys! 😊

    BalasHapus
  29. Yang diterima berapa anak kak untuk beasiswa

    BalasHapus
  30. Kak, klo saya lihat di web untuk program reguler, apa benar tidak ada tes wawancaranya?

    Dan apa kakak punya latihan latihan soalnya kak? Kalau ada, saya minta izin untuk minta contoh contoh soalnya kak untuk saya belajar. Terima kasih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tes wawancara adaa, kalo soal² saya ga punya

      Hapus
  31. kak pemanggilan untuk beasiswa kakak itu bulan apa kak ?

    BalasHapus
  32. Kak tesnya berapa jam ya kira kira?

    BalasHapus
  33. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  34. Permisi kak mau tanya kira-kira itu dlu mbaknya nunggu tanggal masuk ajaran batu dari pengumuman tes kesehatan lama gak kak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aku terima pengumuman diterima itu juni, masuknya agustus, yaa ga lama² banget si

      Hapus
  35. Kak jalur regular punya kesempatan dapat beasiswa gak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wahh bisa banget dong! Beasiswa ga sebatas beasiswa Astra aja, ada banyak beasiswa dri luar, ada tuh bbrp yang aku tau itu, ada beasiswa adaro, LLDIKTI, Lazis amaliah astra, AHM, Toyota, banyak lainnya

      Hapus
  36. Kak. Kalo jalur beasiswa apakah kita dapat uang tambahan biaya hidup atau hanya free untuk kuliah saja???

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yaaa dpt uang tambahan aja bbrp gitu, nanti terserah kamu itu uangnya buat apa

      Hapus
    2. Berapa dapet uang saku kak ?

      Hapus
  37. Kak tes kesehatan meliputi paru paru dan jantung gk?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Itu sih biasanya rontgent thorax yaa. Kalo sampe mendetail ke jantung sndiri atau paru² sndiri keknya engga deh

      Hapus
  38. Kak kan gedung polman yang di cikarang sudah jadi, apakah pendaftar untuk thn 2020 langsung ditempatkan di cikarang? Dan ada messnya nggak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Emang udah jadi? Wkwk, terakhir saya kesana bulan oktober masih rata tanah doang wkwk. Tau drimana ni infonya kalo gedungnya udah jadi wkwk, pastiin info itu tu lewat website resminya polman. Setau saya ya, mulai pindah itu tahun 2023. Messnya yaa ada, tpi untuk selama semester 1-2 saja stlh itu yaa pindah, cari kosan sndiri. Untuk pendaftar tahun 2020 masih di polman sunter.

      Hapus
  39. Mohon maaf Kak izin bertanya:) Kak kalo misalkan masuk Polman tapi kerja dulu setelah lulus SMA/SMK gmn kak?daftranya lewat jalur tes atau apa

    BalasHapus
    Balasan
    1. Untuk jalur beasiswa hanya bisa bagi pendaftar yang merupakan fresh graduate dari SMA yang artinya skrg lagi kelas 3 SMA. Untuk yang non fresh graduate ataupun yang nganggur setahun dulu setelah lulus SMA tidak bisa mengikuti jalur beasiswa tetapi bisa ikut tes tertulis di jalur reguler nanti yang diadakan setelah tes tertulis jalur beasiswa.

      Hapus
  40. kak kan kalo misal ibu saya udah nggak ada terus NIK nya diisi apa enggak ya kak ?

    BalasHapus
  41. Kak fara, mau nanyak. Waktu tes ujiannya sama wawancaranya di jakarta? Kak aku asal dari medan, apakah tes dan wawancanya dimedan juga? Terima kasih kak:)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aku tes tertulis ditempatin di semarang, wawancara juga di semarang. Kalo kamu di medan, nanti lihat dulu pengumuman penempatan tesnya dimana, lihat pengumumannya bisa di website resmi polman astra atau di instagramnya @polmanastra

      Hapus
  42. Assalamualaikum ka Fara, mau tanya kan ayah saya sudah engga ada, terus buat pekerjaan sama no hpnya gimana? Soalnya itu harus diisi.. makasih kaa:))

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wa'alaikumsalam, pekerjaan ditulis tidak bekerja, nomor hape isi aja yang lama. Maaf baru bales.

      Hapus
  43. Assalamualaikum kk, wah kisah nyh sangat menginsfirasi,, kk saya mau nanya bedanya program prestasi dgn peduli itu apa ya? Terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wa'alaikumsalam. Coba baca aja di website resminya polman saja :))

      Hapus
  44. Assallamualaikum Kak , Mohon Maaf Mengganggu Waktu Kaka , Saya Fahrul Asal Provinsi Banten , Saya Ingin Bertanya Kepada Kaka , Disini Saya Mendaftar Di Polman Astra Mengambil Jurusan Manajemen Informatika , Dan Seperti Pengalaman Kaka Yg Saya Baca Di Atas , Di Tulisan Tersebut Kaka Menuturkan Bahwa Bagi Yg Mengambil Jurusan Manajemen informatika Tes Nya Mengenai PAT Atau Sejenis Tes Logika .....
    Apakah Yg Mengambil Jurusan Manajemen Informatika Keseluruhan Soal Tes nya Hanya Mencakup Tes Logika Saja , Atau Ada Materi Lain Selain Logika
    Terimakasih Kak ....
    Saya Mengharapkan Jawaban Kakak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wa'alaikumsalam. Ada materi lainnya ko, seperti matematika, bahasa inggris, dan psikotes.

      Hapus
  45. Kak mau nanya , ini saya juga ada niatan masuk polman. sy anak smk.. singkat aja deh jd ada senior maganag saya anak polman anak otomotig kebetulan dia kuliah disana.. saya di saranani tes disana coba coba aja dlu katanya.. emang si nilai rapot engga memnuhi syarat msh dbwah prsyratan.. mnurut kk tetep coba aja atau nyerah ajaa? tlong d jawab.. terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. COBA AJA! nilai saya dulu ga memenuhi persyaratan ko, bisa lolos sampe semester 6 sekarang dan mau lulus :))

      Hapus
  46. kak, kartu ujian dicetak sendiri pakai kertas apa ya? hvs?

    BalasHapus
  47. Kak. Mau nanya nanya tentang polman dong. Ak lolos seleksi administrasi. Seminggu lagi tes tertulis ka, dagdigdug serrrrr . Serius kak. Dan agak ga yakin si. Soalnyabpeserta yg lolos ada 5047 .. masyaAllah . Banyak bener yakan ka ..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah kayaknya bakal barengan nih tes nya :)

      Hapus
    2. Samaaaa, aku juga alhamdulillah lolos seleksi administrasi, bingung banget harus belajar dari mana wkwkwk. Semoga lolos tes selanjutnya ya!

      Hapus
    3. Sama kak, aku juga lolos tes administrasi, besok tanggal 28 Januari ikut tes tertulis, dan itu dag-dig-dug. Soalnya belum ada persiapan apapun😫

      Hapus
    4. Yaudaa, semangat yaa kalian yang mau tes. Tetap belajar, latihan soal, dan jaga kesehatan. Pokoknya kondisi badan harus fit pas hari H ujian. Ga enak kalo ujian lagi sakit, nanti ga bisa konsentrasi.

      Hapus
    5. Ak tes tanggal 30 ni.. yg tes sebelum tgl 30 boleh dong bagi cerita. Biar ga terlalu jedar jeder niiii ...

      Hapus
    6. Boleh nih, buat kalian yang udah melalui tahap tes tertulis. Coba kalian share pengalamannya di kolom komen, biar yg lain juga pada tauu.

      Hapus
  48. Temen² semuaaa. Dikarenakan saya tengah menjalani permagangan semester akhir untuk syarat kelulusan, untuk pertanyaan teman² yang saya balesnya lama mohon maaf yaa sebelumnya. Soalnya ini banyak banget pertanyaan yang masuk ke LINE saya, sedangkan saya sebenarnya sangat jarang buat buka LINE dikarenakan kesibukan magang. Jadi mungkin kalo saya lagi sibuk dan balas LINE dari kalian lama, temen² juga bisa tanya ke rekan saya di LINE. Ini idnya yaa, @seishin9 pake @ atau ke yang LINE satunya, faikar21. Maaf sebelumnya.

    BalasHapus
  49. Ka boleh minta email atau wa nya?,saya mau nanya2
    Terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Line aja yaa, fhzhafirah, kali tidak ada bisa contact di instagram fhzhafirah_, kalo tidak ada lagi, bisa e mail, fhzhafirah@gmail.com

      Hapus
  50. Assalamualaikum ka
    Kalo lewat jalur regular apakah sama testnya atau beda dan satu lagi ka kalo regular apakah langsung di terima?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kemungkinan soalnya bakal sama, bedanya cuma durasi waktu tesnya aja, kalo beasiswa 30 menit kalo reguler se jam. Bakal diterima atau engga nya belum tentu langsung keterima, masih ada tahap wawancara selanjutnya stlh lolos tahap tes tulis

      Hapus
  51. ka mo tanya ttg tes buat MI ad tes lain ga selain PAT tes ttg masalah komputer gituu ato ap kek

    BalasHapus
  52. Haloo! :) Aku baru saja posting artikel baru mengenai materi apa aja si yang keluar pas test tertulis? cek this out! https://xandraxu.blogspot.com/2020/02/apa-aja-si-materi-yang-keluar-di-ujian.html

    BalasHapus
  53. Kak kalo Gigi Ada yg patah gimana? Apa masih Ada kesempatan?

    BalasHapus
  54. Hai kak, boleh tanya contoh jawaban dari pertanyaan pertanyaan tes wawancara? (bole minta nomor wa? Mau tanya tanya tenyang tes wawancara)

    BalasHapus
  55. Kak nama fb nya apa ya? Kk saya cari gak ada

    BalasHapus
  56. Biaya hidup dijakarta 1 bulan berapa kak rata"

    BalasHapus
  57. Kunjungi blog saya juga ya kak, medolsapedia.blogspot.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. Okkk, share pengalaman kamu selama mengikuti seleksi di Polman Astra melalui blog, cantumkan informasi sebanyak-banyaknya. Semangatt! semoga lolos semua tahapan seleksi dan semoga bisa menjadi bagian dari keluarga kami di Polman Astra! :)

      Hapus
  58. Kakkk sampai nangis bacanyaaa😭 ya allah semoga keinginan bapakku terwujud, bisa kaya kakak😭

    BalasHapus
  59. Assalamualaikum kak, mau tanya, kakak kan cadangan no 6, itu bisa cerita gmn bisa naik, apa tes kesehatan nya ada yg gagal? Atau yg cadangan dapet beasiswa reguler?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kan aku cadangan 6 yakk, nahh berarti kemungkinan ada dua, yaitu :
      1. Ada anak beasiswa utama yg tidak mengambil beasiswanya, dalam artian dia bisa jadi ngambil kuliah di kampus lain.
      2. Polman masih membutuhkan banyak anak didik.
      Dari kedua alasan itu yg bisa jadi faktor anak cadangan terpanggil.

      Hapus
  60. kak kalo telpon dri polman nya tidak terangkat apa di anggap gugur??

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ditelepon karena apa y?? Saya udh tes kesehatan tpi nggak ada tlp, nomor yg di pendaftaran udh hangus bgmn y?

      Hapus
    2. saya kan cadangan, klo mau cek kes nunggu tlp dulu. Kmrn saya di tlp pihak polman cuman tdk terangkat. Nah apa itu dianggap gugur?

      Hapus
    3. cek email yaa, udah ku bls via email

      Hapus
  61. Assalamualaikum kak.
    Di tahun 2020 ini aku lagi kelas 12 smk.
    Rencana lulus tahun 2021 nanti mau daftar kuliah beasiswa di polman Astra. Kira kira masih ada gk program kuliah beasiswa nya ??
    Sekalian minta no. Wa nya kak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Masih ada yahh. Hubungi ke LINE aja: farhanzhaf

      Hapus
  62. k mau nanya di formulir itu kan ada tiga mapel mtk, fisika , binggris,,, nahh sya smk k krikulum 13 fisika cuma dua semster k sdang kan persyratan di formulir itu ada empat semester itu gimna k ya ?

    BalasHapus
  63. Aku kan juga nyoba-nyoba ikut program beasiswa tahun ini. Pilihan pertama aku pengennya Mekatronika, kalo pilihan kedua baiknya apa kan? Kasih masukan dong. Oh iya, aku cewek. Makasih kak, cerita kakak bener-bener membakar semangat dan niatku buat belajar lebih giat lagi.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Maaf baru balas ya, kamu bisa ambil ke Manufaktur umum atau otomotif A

      Hapus
  64. Kak, untuk biaya hidupnya disitu gimana kak hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Murah kok, kos/kontrakan +- 700an, kalau mau murah lagi nyari rumah bareng sama temennya bisa sampe 500, harga makanan juga termasuk murah

      Hapus
  65. Hai!! Pada setuju ga kalo saya adain seri QnA sharing mengenai polman astra secara live di Instagram?

    BalasHapus
  66. Kak, kalau boleh tau soal tes tertulis itu apa aja yak? Nemuin contoh contoh soalnya dimana kak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ga ada contoh soal ya, mungkin soal2 ujian di SMA/SMK bisa dijadiin contoh.

      Hapus
  67. Kak mau curhat...😣 Jadi ini udah pengumuman seleksi wawancara yakan, tapi aku lolos sebagai cadangan ke-8😥 Kayak gak mungkin banget gitu loh, tapi bersyukur juga sih seenggaknya Allah masih kasih aku peluang lagi. Semoga rejeki sama kayak kakak juga! Pokoknya mau belajar buat UTBK! Gak boleh down! Semangat kak😆, semangat semua😁

    BalasHapus
    Balasan
    1. Oh iya, temen kakak yang MK itu juga cadangan tapi dipanggil juga ya kak? Tapi beasiswanya gak diambil gitu?

      Hapus
    2. maaf yaa aku baru sempat bales ehehehee, jarang buka blog lagi sekarang semenjak kerja. tetep semangatt yakk, kalau udah rezeki ga bakalan kemana kok, tetep berdoa terus. kalaupun rezekinya di polman ya berarti Tuhan udah kasih kamu rezeki yang pas, yang sesuai dengan kebutuhan kamu. Tuhan ga akan salah kasih kok, Tuhan tau kebutuhan kamu, apa yang kamu butuhkan.

      Hapus
    3. Btw, temen aku yang pilih jurusan Mk, dia dipanggil sm polman tapi dia ga ngambil beasiswa di polman, akhirnya kuliah di Semarang aja

      Hapus

Posting Komentar

Postingan Populer