Apa aja si materi yang keluar di ujian tertulis polman astra?

Ulla! :))

Karena banyak banget pertanyaan yang masuk lewat LINE aku mengenai apa aja sih materi yang keluar waktu tes tertulis. Selanjutnya, aku bakal share konten tentang materi apa aja sih kira2 yang dulu keluar saat tes tertulis di jaman aku tahun 2017.

Well, Ok. Intro dulu yahh biar ga bingung. Aku di kampus Politeknik Manufaktur Astra ambil jurusan D3 Manajemen Informatika dan sekarang sudah semester 6, tahun ini lulus. Which is, waktu kalian masuk jdi mahasiswa di polman, aku udah lulus dan resmi jadi alumni polman.

Dulu waktu jaman aku, mata pelajaran yang diujikan pada saat tes tertulis kurang lebih sama dengan tahun ini yaitu, matematika dasar, fisika dasar (untuk teknik), bahasa inggris, psikotest, dan PAT sebagai pengganti mata pelajaran fisika untuk yang mengambil jurusan Manajemen Informatika seperti aku.

Kak, test PAT itu apa sih kak? kaya gimana contohnya?

Ok yang pertama aku bakal bahas dulu tentang PAT. Test PAT sndiri itu semacam test matematika logika. Karena nantinya di jurusan Manajemen Informatika itu kuliahnya nanti bakalan sering bikin program aplikasi as known as ngoding, maka tujuannya mata pelajaran fisika diganti PAT itu yaa sebenernya buat ngetes kalian, seberapa baik logika pikir kalian. Pada dasarnya, ngoding itu butuh berpikir secara logika untuk membangun algoritma yang pas untuk program yang dibuat. Berbeda dengan jurusan MI, buat jurusan lainnya yang merupakan jurusan teknik itu bakal ada mata pelajaran fisika, karena nantinya waktu kuliah di jurusan teknik kalian akan berhadapan dengan pengukuran eksak, pemahaman mekanika, dan lain sebagainya. Lalu, kayak gimana sih soal PAT itu? Soal PAT yang dulu keluar pas jamanan aku tes itu bener2 soal logika, hubungan antara jika ... maka, sebab ... akibat, soal2 negasi mengenai pernyataan ingkaran, silogisme, logika AND OR (ini kalian bisa searching di google, banyak, jangan malas!) dan beberapa ada satu dua soal mengenai algoritma komputer.

Kak, matematika, fisika, bahasa inggris materinya apa aja kak?

Untuk matematika soalnya itu difficulty-nya setara dengan soal2 try out atau ujian sekolah SMA, which is yaa kalian banyak2 belajar aja materi yang diajarin 3 tahun di SMA. Latihan2 soal di buku paket SMA kalian. Paling soal yang keluar itu sama tipe2nya, cuma yaa diganti angkanya aja. Nah beberapa babnya di Matematika ini ada sistem persamaan linear (yg suruh cari nilai x dan y), perbandingan, akar pangkat, bangun datar bangun ruang dasar, sudut, dan beberapa soal-soal cerita. Mudah kok sebenernya! :)

Lalu untuk yang fisika, aku kurang tau yaa yang fisika seperti apa, karena aku dulu ga dapet fisika. Dan ini aku dapet cerita dari temen aku yang testnya dulu barengan sm aku, dia ambil jurusan Mekatronika. Kata dia, fisikanya itu dasar banget, materi yang paling basic banget di SMA. Untuk bab-nya apa aku kurang tau detail kayak gmn-gmnnya. Jadi kalian belajar aja materi-materi dasar di SMA, ga bakalan sesusah UN atau SBMPTN sih.

Next, bahasa inggris. Di mata pelajaran ini, yang keluar materinya itu ada reading narative text, procedure text, grammar, pemahaman kalimat, dll. Semua seimbang ko antara reading, grammar dan lain2nya. Untuk bahasa inggris, saran aku, banyak2 menghafal kata2 yang berhubungan dengan teknik dan mesin. Misalnya, engine, gear, brake, axle, dll. Biar gampang contohnya, kalian bisa baca procedure text tentang cara kerja kulkas, mulai dari arus listrik yang mengalir melalui kabel lalu diolah menjadi energi panas (kalian tau kan, kalo kalian pegang samping kulkas atau bawah kulkas pasti agak panas gitu) sampe dia ngeluarin freon atau suhu dinginnya itu gimana. Dulu waktu aku test, soal yang keluar di mata pelajaran bahasa inggris itu salah satunya.

The last, ada psikotest. Untuk psikotest, dulu aku dpt 3 tipe soal namanya TBT. Yang di bab pertama, soalnya itu tentang jaring-jaring bangun ruang. Jadi nanti ada soal, dalam satu soal itu nantinya akan ada 5 pilihan gambar jaring-jaring bangun ruang. Perintahnya, kalian disuruh milih salah satu gambar mana gambar jaring2 yang akan membentuk bangun ruang dengan sempurna tanpa ada yang sisi yang terbuka maupun sisi yang ketumpuk. Atau bisa jadi perintahnya sebaliknya, kalian disuruh milih mana jaring2 yang tidak bisa membentuk bangun ruang dengan sempurna. Yang di bab dua, soalnya itu mengenai gambar part mesin. Di soal itu bakal ada satu soal gambar part mesin, dan jawabannya itu gambar potongan2 part mesin, perintahnya kalian disuruh milih gambar potongan2 part mesin mana yang sesuai dengan gambar part mesin yang ada di soal. Yang di bab tiga, soalnya juga mengenai part mesin. Di dalam satu soal, kalian bakal dikasih 5 gambar part mesin dengan salah satu gambar part mesin itu cacat/tidak sempurnya dengan 4 gambar lainnya. Perintahnya, kalian disuruh milih salah satu gambar part mesin mana yang tidak sama dengan 4 gambar lainnya. Overall, psikotesnya menurutku gampang tapi waktunya sangat cepat. Jadi, kalian harus berpikir dengan cermat, cepat, tepat, dan akurat. Sering-sering belajar dan latih otak kalian untuk berpikir cepat dan tepat. Kalian perlu juga management waktu yang baik untuk strategi kalian sendiri.

YANG PERLU AKU HIGHLIGHT DISINI, INI KISI-KISI YANG AKU DESKRIPSIIN DIATAS ITU SEBATAS SOAL DI TAHUN AKU TEST, 2017. TIDAK TAHU UNTUK TAHUN-TAHUN BERIKUTNYA, KARENA BISA SAJA BERBEDA. PER TAHUN 2018 SAJA, SOAL SUDAH DIGANTI, BERBEDA DARI TAHUNKU. JADI AKU GA MAU TERIMA PROTES "KAK, KOK SOALNYA BEDA DARI YANG KAKAK CERITAIN" 

Well, sampe disini dulu aku sharingnya. Kalo kalian ada yang ingin bertanya jika belum jelas atau ada sanggahan dan masukan buat aku silakan isi di kolom komentar. Bisa juga LINE ke aku pribadi aku id : farhanzhaf. 

Sebelumnya maaf juga, aku posting literatur ini bisa dibilang telat banget ngett karena baru posting pas pertengahan kalian tes tahap tertulis, jdi mungkin udah ada yang melalui tahap test tertulis dan ada yang belum melalui, jdi gapapaa lah yaa, belum sia2 :)) Buat kalian yang udah melalui seleksi tahap tertulis, bisaa banget dehh buat bagi pengalamannya ke temen2 kalian yang belum test di kolom komentar. Mungkin kalo sempat nanti setelah pengumuman tes tertulis keluar, aku bakal share lagi kisi2 sm tips2 buat ngadepin tahap tes wawancara. Okk, sekian.

UPDATE

BTW, Aku udah lulus di tahun 2020 gaess :)) 

Adios! :)

Komentar

  1. Terimakasih banyak kak informasinya, kak mau tanya kalau dapet beasiswa penuh gitu apakah diberi uang saku juga dari polmanastra kak?

    BalasHapus
  2. Makasihh ka tentang sharingnyaa!!!

    BalasHapus
  3. Hai!! Pada setuju ga kalo saya adain seri QnA sharing mengenai polman astra secara live di Instagram?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aku bakalan adain live hari jumat-minggu tgl 29-31 januari yaa. Igku : fhzhafirah_

      Hapus
    2. Jdi selama tiga hari tiap jam 7-9 mlm, aku bakalan live di IG

      Hapus
  4. Ka klo soal mtk nya itu sama soal un sma mirip2 ga ka?

    BalasHapus
  5. Haii kaa !! Hari ini saya Seleksi Tes Potensi Akademik Polman secara online, deg" an bgt euy 😀 Doain ya kaa smoga lolos. Aamiin 😁

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai! boleh sharing ngga materi apa saja yang ada di dalam tesnya? Soalnya tanggal 2 Februari saya seleksi tes akademik 🥺

      Hapus
    2. Hai, nanti join live IGku aja yaa. Hari jumat, sabtu, minggu Tanggal 29-31 jan, setiap jam 7-9 mlm

      Hapus
  6. makasih kak, kirain soalnya soal-soal hots kayak SBMPTN hoho

    BalasHapus
  7. Kak mau tanya untuk matematika tekniknya keluar aritmatika sama logika ngga yaa
    Mohon dijawab kalau blog masih aktif

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau waktu tahun saya ujian dulu ada bbrp deret aritmatika sm logika

      Hapus

Posting Komentar

Postingan Populer